Kencing Sambil Berdiri Ternyata Berbahaya. Kalau Anda Laki-laki Pemberani, Ikuti Cara Kencing yang Sehat Ini!

Ada pepatah yang berbunyi seperti ini, “guru kencing berdiri murid kencing berlari”. Pepatang tersebut mengandung arti bahwa jika seorang yang menjadi panutan memberikan contoh yang tidak baik, maka orang-orang akan mengikutinya bahkan kelakuannya lebih dari sang panutan.
Bukan hikmah dari peribahasa tersebut yang akan diuraikan di sini, melainkan kebiasaan kencing berdiri inilah yang mana sudah menjadi hal yang lazim bagi laki-laki.


Kencing Berdiri Berbahaya


Cukup dengan sembunyi di balik pohon atau semak-semak, maka selesailah acaranya. Atau lebih praktis tempatnya memang dengan sedikit bergeser dari sebuah larangan berbunyi “dilarang kencing di sini kecuali *nj*ng !”.  Dimana pengumuman itu sudah dianggap umum sebagai petunjuk toilet di sini. (Mungkin juga buat tanda daerah kekuasaan mereka atau supaya nggak nyasar pulangnya)

Itu sebabnya sudah menjadi hal yang umum jika laki-laki kencing sambil berdiri. Walaupun secara etika kurang bagus tercermin dari digunakannya peribahasa di atas. Dengan alasan sudah ‘kebelet’, susah cari toilet (adanya cuma toilet *nj*ng). Selain itu juga pihak penyelenggara kebersihan baik itu di tempat umum atau di mall hanya menyediakan urinoir yang menggantung untuk tempat kencing dengan berdiri bagi laki-laki. Guna mengejar kepraktisan dan terpenuhinya kapasitas orang yang kencing. Bahkan kadang dijumpai tarip yang berbeda antara yang kencing berdiri di urinoir dengan yang masuk ke kamar kecil. Memang dengan disain seperti itu akan menggiring laki-laki tidak buang banyak waktu untuk kencing, tinggal buka restleting arahkan ke arah urinoir tersebut.

Menurut beberapa penelitian bahwa, kencing sambil berdiri tidak baik bagi kesehatan dan memberi dampak buruk. Kencing sambil berdiri dapat menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh kita. Kencing batu. Ya, mungkin Anda sering mendengar nama penyakit ini, salah satu penyebabnya bisa saja dikarenakan prosedur kencing yang salah, yaitu saat Anda kencing sambil berdiri.

Kira-kira penjelasannya bagaimana kok bisa berhubungan dengan kencing batu?
Pada orang yang kencing sambil berdiri,  akan terjadi stasis atau pengendapan air seni Anda di dalam kandung kemih dan menyebabkan pengendapan konsentrat. Selanjutnya endapan tersebut mulai tersusun dan membentuk batu di kandung kemih.

Berdasarkan uraian di atas maka, cara kencing yang baik adalah dengan cara berjongkok.  Kencing dengan cara berjongkok akan memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Karena adanya peningkatan intra perut, membuat kandung kemih akan tertekan dan semua air kencing akan keluar dari tubuh tanpa bersisa. Tekanan Aliran kencing akan lebih baik dan sehat. Agar air seni benar-benar tuntas habis, lakukan batuk batuk kecil.
  2.  Berkat adanya tekanan di perut pada saat jongkok, gas di perut juga ikut keluar (kentut). Hal ini berarti sama dengan membuang sisa sisa metabolism di dalam tubuh. Hal ini tidak akan didapati jika kencing dilakukan sambil berdiri, terlebih lagi sambil berlari seperti sang murid di atas.
  3. Dengan tuntasnya proses pembuangan  air kencing dan gas yang ada dalam kandung kemih dan perut, maka tidak ada penumpukan sisa kotoran air kencing yang akan menjadi gumpalan/kencing batu.
Cara buang air kecil ini memang seperti perkara yang sepele, namun anda bisa menghindari penyakit yang kelak menyusahkan anda di kemudian hari. Jadi, buanglah air pada tempatnya, maaf maksudnya buang air kecil dengan cara jongkok bagi laki-laki bukanlah sebuah aib. tapi juga berguna bagi kesehatan.


Lazimnya laki-laki buang air kecil sambil berdiri. Sebenarnya, dalam masalah etika juga kurang bagus. Apalagi jika dilakukan di tempat-tempat umum yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Misalnya di belakang pohon, di dinding sebuah bangunan, di parit dsb. Selain tidak etis, juga mengotori tempat yang seharusnya bebas dari kotoran manusia. Tapi tampaknya banyak yang tidak peduli akan hal ini, alasannya sudah 'kebelet', tak sempat cari WC. Sayang sekali operasi yusticia sudah lama tidak terdengar, padahal bagus untuk merazia orang-orang yang kurang sopan ini. Namun di toilet-toilet umum, sarana buang air kecil untuk laki-laki juga tersedia dalam posisi menggantung di dinding, sehingga mereka juga melakukannya sambil berdiri. Sepintas memang rapi dan praktis. Laki-laki tidak buang banyak waktu untuk buang hajat, tinggal buka restleting ke arah wadah tersebut. Setelah dilakukan peneitian, ternyata buang air kecil tidak baik bagi kesehatan dan memberi dampak buruk. Buang air kecil sambil berdiri dapat menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh kita. Salah satunya adalah apa yang disebut kencing batu. Bagaimana hal itu bisa terjadi? saat seseorang kencing berdiri, terjadi stasis atau pengendapan air seni di dalam kandung kemih yang menyebabkan konsentratnya mengendap. Dan endapannya mulai tersusun untuk membentuk batu kandung kemih. Oleh karena itu, cara buang air kecil yang lebih baik adalah dengan berjongkok. Manfaatnya a.l: 1. Aliran kencing akan lebih baik dan sehat. Saat jongkok seperti ketika buang air besar, kandung kemih akan tertekan dan semua air seni akan keluar dari tubuh tanpa bersisa. Usahakan agar batuk-batuk kecil agar air seni benar-benar tuntas habis. Hal ini sesuai dengan penjelasan bahwa peningkatan tekanan intra perut akan membuat intra vesika (kandungkemih) yang membuat aliran urine yang dikeluarkan lebih baik. 2. Gas perut ikut keluar. Berkat tekanan di perut pada saat jongkok, gas di perut juga ikt keluar (kentut). Ini sama dengan membuang sisa metabolisme. Kalau buang air kecil sambil berdiri, gas tidak ikut keluar. 3. Dengan tuntasnya air seni dan gas yang ada dalam perut dan kandung kemih, maka tidak ada penumpukan sisa kotoran air seni yang menyebabkan terjadinya penggumpalan/kencing batu. Kelihatannya kebiasaan dan cara buang air kecil ini memang sepele. Tetapi anda bisa menghindari penyakit yang kelak menyusahkan di kemudian hari. Jadi, buang air kecil dengan cara jongkok tidak hanya untuk perempuan, melainkan juga bagus dan lebih sehat bagi laki-laki.

Comments

Popular posts from this blog

Menu-menu dan Tab Pada Task Manager Hilang

SubhanAllaH !! Tentara Muslim Jepang Ini Telah Dilecehkan Keyakinannya. Pertolongan Allah Datang Dan Allah Menunjukkan KebesaranNYA. Baca Dan Sebarkan.

Stop Kebiasaan Mencabut Uban Anda! Gunakan Cara Ajaib Ini Untuk Menjadikan Rambut Uban Menjadi Hitam.