Berikut ini Merupakan Hal-hal Yang Dapat Merusak Fungsi Otak, Mau Tahu?





Seperti diketahui bersama Otak merupakan tubuh manusia yang berfungsi untuk berfikir, mendapat rangsangan dan menerima informasi untuk kemudian diproses menjadi sebuah tindakan atau reaksi ke organ yang lain. Sebab itu wajib di jaga, dipelihara dan dilindungi. Beberapa hal yang dapat merusak otak manusia a.l:

1. Tidak mau sarapan.

Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

Kayaknya aku sering ketinggalan karena waktu yang mepet untuk segera 'mengejar mas-mas' (maksudnya Masinis KRL supaya nggak ketinggalan)


2. Kebanyakan makan.

Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental.

Kalo yang ini kayaknya nggak terlalu masalah, karena kapasitas perutku tidak sebesar kapasitas hard disk jaman sekarang

3. Merokok.

Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal diwaktu tua kita rawan Alzheimer.

Terus terang aku nggak merokok, tapi kalo sering kena asap (bukan si asep) rokok, kayaknya sering. Di stasiun ada tanda dilarang merokok tapi pesaing kereta api (para perokok) itu masih banyak juga. Perumka hati-hati tuh ada pesaingnya.
4. Terlalu banyak mengkonsumsi gula.

Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

Mengingat beberapa keluarga ada yang terkena diabetes, kebiasaan yang ini harus dikurangi.

5. Polusi udara.

Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.
 Jakarta terlalu banyak kendaraan bermotor yang menghasilkan karbon. Aku dukung para eksekutif yang mempelopori gerakan B2W dan mereka yang aktif di bidang penyelamatan lingkungan hidup. Di kantor sedang digiatkan program penanaman pohon secara masal.
6. Kurang tidur.

Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.

Hore kebetulan salah satu hobiku adalah tidur, btw kalo kebanyakan tidur gimana??7. Menutup kepala ketika sedang tidur.

Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

Susah napas donk kalo tidurnya ditutupin.

8. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit.

Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak.

Kalo ini, pada umumnya orang indonesia lagi sehat aja jarang berfikir keras, apalagi kalo sakit. Mendingan tidur.9. Kurangnya stimulasi otak.

Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.

Besok mulai koleksi tts

10. Jarang bicara.

Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kinerja otak.

Ini kebiasaan buruk yang sering dilakukan.

Btw kalo dari sekian kebiasaan buruk ini sering dilakukan, seberapa parahkah kerusakan otak kita ini??



Dikutip dari blog abinaraihan tentang kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak otak. 

Comments

Popular posts from this blog

Menu-menu dan Tab Pada Task Manager Hilang

SubhanAllaH !! Tentara Muslim Jepang Ini Telah Dilecehkan Keyakinannya. Pertolongan Allah Datang Dan Allah Menunjukkan KebesaranNYA. Baca Dan Sebarkan.

Stop Kebiasaan Mencabut Uban Anda! Gunakan Cara Ajaib Ini Untuk Menjadikan Rambut Uban Menjadi Hitam.